Blogger Widgets

KOMPONEN HARDISK



KOMPONEN HARD DISK



1. Chasis Harddisk

Chasis ini adalah sebuah tempat atau dudukan untuk komponen – komponen yang sudah dirakit secara utuh. Hal ini berarti chasis yang di maksud di sini adalah chasis sebagai tempat / dudukan bagi komponen hardisk yang sudah dirakit


2. Filter





Filter sendiri adalah sebuah penyaring. Di dalam sebuah hardisk filetr ini berfungsi sebagai penyaring udara dalam ruangan harddisk agar debu yang berterbangan tidak menempel di platter dan mengganggu kinerja harddisk.

 3. Platter
Platter adalah sebuah piringan yang dilapisi magnetic sehingga mampu menyimpan data atau file.  Di dalam platter ada yang dinamakan Track, Sector, cluster dan jutaan bit. Track adalah lingkaran konsentris dimana track juga bisa di sebut sebagai tempatnya para sector. Sector sendiri adalah satu bagian dalam track tersebut. Didalam sector terdapat byte- byte tertentu. Sedangkan kumpulan dari beberapa sector disebut cluster.

4. Spindle



Spindle adalah sebuah poros yang digunakan untuk menempatkan platter dan memutar platter. Semakin cepat splindle berputar maka akan semakin cepat harddisk dalam mengakses data.
Hard disk terdiri dari spindle yang menjadi pusat putaran dari keping-keping cakram magnetik penyimpan data. Spindle ini berputar dengan cepat, oleh karena itu harus menggunakan high quality bearing.

5. Read Write Head 
Adalah Sebuah alat yang bertugas membaca dan menulis data dari atau ke piringan hard disk yang merubah sinyal magnetic yang ada pada platter menjadi sinyal digit atau sebaliknya. Read-write head terbuat bahan yang terus mengalami perkembangan, mulai dari Ferrite head, MIG (Metal-In-Gap) head, TF (Thin Film) Head, (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, GMR (Giant Magnetoresistive) Heads dan sekarang yang digunakan adalah CMR (Colossal Magnetoresistive) Heads.

6. Aktuator Arm
Adalah sebuah lengan yang memegang head. lengan ini yang menggerakan head ke seluruh permukaan platter.

7. Aktuator 
Di dalam hard disk terdapat magnet, ini terdiri dari magnet alam ( Magnet Permanen ) dan magnet buatan ( terjadi adanya arus listrik ), magnet ini yang mengatur kecepatan pergerakan head saat membaca maupun menulis.

8. Controller Head 
Suatu alat yang umumnya sebuah pengontrol yang dapat mengendalikan head agar dapat menulis dan membaca dan ini memperkuat sinyal yang diberikan head maupun yang diterima oleh head.

9. Board
Sirkuit elektronik yang mengontrol kinerja daripada hard disk, serta mendeteksi seluruh konfigurasi yang ada pada hard disk untuk menentukan kapasitas hard disk tersebut maupun yang mengatur lalu lintas keluar masuknya informasi / data yang diterima dari atau yang diberikan ke Mother Board.
Bios berfungsi untuk menyimpan konfigurasi dasar dari para meter hard disk seperti : kapasitas, speed ( dalam satuan rpm), landing Zone, jumlah sector,jumlah cylinder.

10. Disk controller
berfungsi mengontrol tiap-tiap elemen-elemen yang terdapat di dalam hard disk, dan juga sebagai bridge atau penghubung antara suatu elemen dengan elemen yang lain yang terdapat di dalam hard disk, serta mengatur lalu-lintas data atau program mulai dari hard disk sampai ke i/o peripheral atau sebaliknya.

11.  Cache buffer :
berfungsi sebagai media penyimpanan sementara untuk data atau program yang akan atau telah diproses oleh hardisk controller

12.  Preamp head 
berfungsi untuk memperkuat sinyal konversi yang dihasilkan oleh head pada saat membaca dan menulis pemukaan platter.

13.  Servo Motor controller :
berfungsi mengontrol posisi peletakan head kepermukaan platter pada saat baca tulis data atau program,termasuk juga landing zone

14.   I/O Controller :
berfungsi mengontrol semua instruksi yang akan dikirim atau diterima oleh harddisk controller, apakah instruksi tersebut dapat langsung diproses, dibatalkan atau menunggu giliran sampai instruksi yang sebelumnya telah selesai diproses.




sumber : http://devisafitriii.blogspot.com/2013/04/bagian-hardisk-beserta-fungsinya.html

2 comments:

  1. semoga bermanfaat buat kalian semua :)

    ReplyDelete
  2. Keren artikelnya bisa jadi referensi tulisan saya ini, terima kasih!!!
    visit Back yo...:
    KONFIGURASI KOMPUTER DAN LAPTOP GAMING TERBAIK

    ReplyDelete

- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-kotak-komentar-keren-di_8.html#sthash.12LpUTFP.dpuf